Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Indinesia Kelas 3SD




Pelajaran 1 Makhluk Hidup

  1. Tanda baca titik (.) digunakan untuk:
    1. Mengakhiri kalimat berita.
    2. Memisahkan angka jam, menit, dan detik.
  2. Tanda baca (,) digunakan untuk memerinci beberapa unsur-unsur di dalam bacaan.
  3. Penggunaan huruf kapital di antaranya:
    1. Untuk menulis huruf pertama pada awal kalimat.
    2. Sebagai huruf pertama jabatan atau pangkat yang diikuti nama.
    3. Huruf pertama hari raya dan peristiwa sejarah.
  4. Membaca harus dengan lafal dan intonasi yang tepat, sehingga dengan mudah dapat memahami isi bacaan tersebut.

Pelajaran 2 Lingkungan

  1. Pengalaman adalah peristiwa yang pernah dialami.
  2. Membaca intensif membuat kalian mengerti isi bacaan.
  3. Tokoh adalah pelaku dalam sebuah cerita.
  4. Setiap tokoh dalam cerita memiliki sifat atau watak yang berbeda-beda.
  5. Mengomentari tokoh cerita dapat berdasarkan watak atau sifat.
  6. Memberi penjelasan tentang sesuatu, hendaknya secara urut agar mudah dipahami.
  7. Dongeng adalah cerita tentang sesuatu hal yang bersifat khayal.

Pelajaran 3 Kerja Sama

  1. Menceritakan pengalaman dengan menggunakan kalimat yang runtut agar mudah dipahami.
  2. Dengan membaca teks secara intensif, kita dapat memahami, menjelaskan isi teks tersebut.
  3. Dalam menyusun paragraf perlu memerhatikan penggunaan ejaan yang tepat.
  4. Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu harus dengan kalimat yang runtut agar mudah dipahami.
  5. Kita dapat membuat puisi berdasarkan suatu gambar yang ada.

Pelajaran 4 Keterampilan

  1. Menyampaikan penjelasan secara lisan harus dengan runtut, agar mudah dipahami.
  2. Menjelaskan dan membuat sesuatu hendaknya memperhatikan urutan kerjanya.
  3. Membaca dilakukan dengan lafal dan intonasi yang tepat, agar pembaca atau pendengar memahami isi bacaan.
  4. Lafal adalah ketepatan dalam pengucapan bunyi atau suara saat membaca.
  5. Intonasi adalah tinggi rendahnya suara dalam membaca.

Pelajaran 5 Peristiwa

  1. Memberikan tanggapan dan saran terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
  2. Menceritakan pengalaman mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut agar mudah dipahami.
  3. Membaca dongeng harus secara intensif agar pembaca dapat memahami isi dongeng.

Pelajaran 6 Kegiatan Sehari-hari

  1. Setiap akhir dari suatu paragraf selalu ditulis dengan memberi tanda baca titik (.).
  2. Huruf kapital digunakan untuk menulis huruf pertama pada awal kalimat.
  3. Huruf kapital digunakan untuk menulis nama orang dan tempat.
  4. Gambar berseri dapat dibuat menjadi karangan sederhana.
  5. Mendeklamasikan puisi hendaknya menggunakan laval, intonasi, dan ekspresi yang tepat.

Pelajaran 7 Benda

  1. Percakapan melalui telepon harus dilakukan dengan sopan.
  2. Membaca puisi hendaknya dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
  3. Dalam menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri, kita harus memahami isi gambar tersebut.
  4. Sebuah bentuk puisi dapat diubah menjadi bentuk prosa sederhana.

Pelajaran 8 Lingkungan

  1. Peristiwa yang pernah dialami,dilihat atau didengar dapat diceritakan sebagai pengalaman diri.
  2. Dengan membaca secara intensif suatu bacaan, kita dapat menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang bacaan tersebut.
  3. Dalam menulis karangan, kita harus memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda baca.
  4. Penggunaan huruf kapital di antaranya sebagai berikut.
    1. Untuk huruf pertama kata pada awal kalimat.
    2. Untuk huruf pertama nama orang.
    3. Untuk huruf pertama nama hari, bulan dan tahun.
  5. Penggunaan tanda baca titik (.) di antaranya sebagai berikut.
    1. Untuk mengakhiri kalimat berita (bukan kalimat pertanyaan/seruan).
    2. Pada akhir ringkasan nama orang.
    3. Untuk memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu.
  6. Puisi akan lebih indah jika dibaca dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.

Pelajaran 9 Teknologi

  1. Dialog adalah percakapan antara dua orang atau lebih.
  2. Untuk memahami isi suatu bacaan, kita harus membaca bacaan tersebut secara intensif.
  3. Langkah-langkah menulis karangan berdasarkan gambar seri:
    1. Berilah keterangan gambar dengan nama yang sesuai.
      Misalnya: Andi sedang makan.
    2. Buatlah kalimat yang sesuai dengan gambar.
      Misalnya: Andi sedang makan roti di ruang makan.
    3. Susunlah kalimat berdasarkan gambar seri sehingga menjadi sebuah cerita.

Kami harap dengan disusunnya rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 SD seperti diatas dapat memudahkan kita belajar materi pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 3 SD.

dirayumna

Editor Master

Tidak ada kekayaan seperti pengetahuan, tidak ada kemiskinan seperti ketidaktahuan

0 comments:

Posting Komentar